Konsep Dasar WebGIS


Konsep Dasar WebGIS



Hingga saat ini apa yang sering disebut GIS sudah semakin banyak yang mengembangkan. Hal ini dikarenakan dengan adanya sistem tersebut perkerjaan dalam memperoleh dan memanipulasi informasi lebih mudah dilakukan dan dimonitoring. Sebelum kita berbicara lebih jauh lagi tentang GIS (Geographic Information System) atau dalam Indonesia sering disebut SIG (Sistem Informasi Geografis), marikita buka dulu wawasan kita bahwa GIS itu sifatnya sangat global. 

Hingga saat ini sudah ada banyak jenis GIS yang dikembangkan, mulai dari persebaran pom bensin, daerah rawan bencana, dan lain-lain. 

Dalam ilmu GIS banyak istilah yang mesti kita ketahui dankita gunakan nanti. Tentunya kita akan masuk juga ke dalam ilmu Geografi itu sendiri. Para ahli memiliki pandangan tersendiri mengenai GIS itu sendiri. Bila saya simpulkan, GIS merupakan suatu sistem berbasis komputer yang dirancang sedemikian rupa dari penggabungan beberapa data yang kemudian data tersebut diolah, dimanipulasi, diproses, dianalisis, dan ditampilkan terkait dengan geografis atau muka bumi yang berorientasi pada peta. Bila kita ingin mempelajari GIS lebih lanjut lagi, ada beberapa istilah atau dasar  dasar yang setidaknya harus kita pahami dan resapi terlebih dahulu,sebagai berikut.

1. Sistem

2. Data

3. nformasi

4. Geografi (Peta, Legenda, Skala, dll)

5. GPS

6. Komponen GIS

Melalui artikel ini, saya hanya mencoba untuk berbagi pengalaman daninformasi sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki. Nah, bagi Anda yang ingin lanjut mempelajari Tutorial WebGIS Indonesia melalui halaman ini. Silahkan lanjut dibaca.

Bila kita sudah mengetahui beberapada istilah dasar tersebut, artinya kita sudah ada persiapan dasar untuk membuat WebGIS Indonesia. Lantas, apa persiapan selanjutnya? Persiapan selanjutnya adalah dengan platform apa kita akan membuat WebGIS Indonesia ini. Misal, saya ambil satu kasus dengan menggunakan Windows. Maka, kita harus mempersiapkan beberapa software untuk mengembangkan WebGIS Indonesia ini. Berikut ini adalah beberapa software yang kita butuhkan dan harus kita persiapkan.
  • Google Earth
Google Earth digunakan untuk mengcapture peta yang kemudian akan kita digitizing dengan menggunakan Quantum GIS.

  • Quantum GIS
Quantum GIS digunakan untuk membuat peta sesuai dengan keinginan dan yang kita butuhkan.
  • DBMS
Pengolah database untuk menyimpan informasi terkait dengan informasi peta atau yang lainnya. Misal, PostgreSQL.
  •  Web Editor
Web Editor digunakan untuk merancang atau scripting HTML Web, mapserver, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan Notepad, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain.
  • Browser
Saya yakin semua sudah tahu browser, bukan? hehehe
  • MapServer
Mapserver ini digunakan untuk mengatur, memanage peta yang kita buat dengan menggunakan Quantum GIS. Ada banyak jenis-jenis MapServer, seperti MS4W, OSGEO4W.

Demikian sedikit banyaknya mengenai Tutorial WebGIS. Bila Anda memiliki pengalaman lain yang serupa dengan ini, saya sangat senang sekali bila Anda berkenan share melalui kolom komentar ini. Tanpa berkmasud menggurui, semoga bermanfaat.

Komentar